Tutorial SDH, PDH & Fiber Optic


Senangnya kemaren ada yg request tentang SDH dan Optic. Kebetulan perusahaan tempat aq bekerja ini bergerak di bidang telekomunikasi yang mana salah satu service yang ditawarkan adalah Clear Chanal (lised line). Teknologi yang dipakai adalah SDH & PDH yg menggunakan media transmisi fiber optic end to end. SDH ini merupakan multiplexing yang dipakai untuk mendeliver service dr mulai E1 (2 Mbps), DS3 (34/45 Mbps) bahkan sampai STM-N.

Customer ICON+ dibagi menjadi 2 kategori:

1. Internal yaitu bapak perusahaan (PLN)

2. Ektsternal, diantaranya: TELKOMSEL, LINTASARTA, INDOSAT, NATRINDO, XL, CBN , PSN (perusahaan in selain menjadi customer jg merupakan competitor ICON+), & msh byk lg perusahaan2 lain diluar perusahaan telekomunikasi seperti perbankan

Klo ada yang berminat gabung di keluarga kecil ICON+ silahkan aj apply dialamat in yak (hahaha malah promosi):

To Manajer HRD PT INDONESIA COMNETS PLUS

Geding PLN lt 9

Jl. Jend Gatot Subroto Kav. 18 Jakarta 12950

Tel (021) 525 3019

E-mail : humas@iconpln.net.id

Website www.iconpln.net.id

Kalo mo baca2 tentang SDH maupun Fiber Optic silahakan download ajah disini yak…

 

1. Fiber Optik

2. All of SDH

3. Introduction of SDH & PDH

4. SDH

5. SDH Tutorial

89 thoughts on “Tutorial SDH, PDH & Fiber Optic

  1. wah terima kasih, tp file pertama ga bisa dibuka. kalo icon+ sewanya per core, per E1 atau per lambda?
    kalo tutorial ttg DWDM ada tak? hehe…sekalian requestnya🙂

  2. punya ga informasi atau bahan soal pdh……
    dpt tugas itu py lum dpt2, mungkin karna pdh udah ga dpke kali ya…
    kalo ada tampilin di blog kamu ya..
    makasih………

  3. Makasih mba info2 techno nya, klo bs ada yang versi indonesianya terutama yang Technologi PDH dan SDH nya, soalnya masih langka referensinya. lam kenal ya mba

  4. mbak, mau nanya
    misalnya gardu induk 1 memakai PLC (power line carrier) , gardu induk 2 memakai fiber optik ( untuk komunikasi antar GI). Untuk mensinkronkan antara PLC dengan FO pake alat tambahan apa ya??supaya GI 1 bisa komunikasi dengan GI 2.
    terimakasih

  5. Kpd. Yth,,, HRD INDONESIA COMNETS PLUS

    Pak tolong di confirm ulang,,, waktu bulan ramadhan saya ikut psikotest… pak bisa bantu gx agar saya segera gabung di ICON+ daerah sulawesi??? thx

    • to Adib, maaf ya tp sy bukan bpk, melainkan ibu, hehe…oo gt, tp klo pengalaman sy dl, jarak dr psikotes ke tahap selanjutnya emang agak lama, 2 mgg an ad klo ga slah. baru utk tahap selanjutnya bs cepet. waktu itu sy misal hari ini interview, sorenya langsung pemberitahuan kelulusan. yg sabar ya/…. klo mau coba confirm aj ke hrd nya. gud lak ya

  6. mbak farah…
    klu mbak ada YM add saya dong di : amri3_85@yahoo.com
    ada yang mau saya tanyain nih…
    soalnya saya sudah wawancara ke 2 di field support Icon + (wilayah sumatera )
    insyaallah saya bisa bergabung di Icon +. karena saya masih baru, butuh banyak belajar dari Mbak nih…bolehkan Mbak.

  7. permisi, ass, saya yohan baru lulus dari it telkom, mau tanya ada lowongan gak di icon+ sekarang?
    kira2 ada lowongan kapan ya?
    terima kasih banyak

  8. mbak,cara masuk ICON+ gmana caranya ?saya mahasiswa IT Telkom (Anggota research Lab.Sistem Komunikasi Serat Optik).Mohon penjelasannya mbak

  9. Mas ak “Gatot subroto”
    Ak mau minta tolong buatkan TOPOLOGI mengenai PDH ke E1dan sistim kerja’y gimana dan fungsi PDH ke E1 itu apa
    otlong mas…………….??

  10. Terima kasih tutorialnya, semoga bermanfaat. SDH kan teknologi yang lama, semoga yang bersangkutan bisa menjelaskan tentang teknologi EDFA. Terima kasih.

    == Datang berkunjung, semoga dapat sambutan hangat. ==

    • sama2. Terimakash sdh mampir jg. maaf, sayangnya sy blm punya materi ttg EDFA, dan kebetulan di kantor sy teknologi nya memang pake SDH & DWDM

  11. mba farah, saya lagi pkl nih di pt. icon+ yg di bandung..
    boleh minta file2’a gak mbak yang berkaitan dengan aktivasi metronet, terus kalo lagi ada gangguan, aktivasi clear chanel sama aktivasi2 layanan lain’a mbak..
    makasih mbak, maaf merepotkan

  12. Mbak Farah.. boleh gak saya minta artikel tentang dwdm & cwdm, trus artikel FTTH atau triple play…?? Terimakasih artikel SDH-nya yang telah sangat membantu pembelajaran saya.. Ditunggu loh mbak…

  13. thax mba sdh check in d log ku jg.., oh iya slidik punya selidik ni..,
    klo g salah sy prnah denger nama mba farah d project icon+ & nsn..,
    halah…SKSD…kata mba farah he…betul mba..

  14. mbak farah minta file nya tentang tutorial sdh dan pdh , dwdm juga ? sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih ??????

  15. salam kenal mba
    aku salah satu pelanggan ICON neh hehe. minta filenya dunk… klo bleh kirim ya ke email sya “soekadie@gmail.com”. ditunggu, klo ga perangkat ICON d ruang PLC GI dicabutin hehehe becanda dink.

    • waah alhamdulillah,,,gimana jaringan Icon+? memuaskan ya mudah2an?😀 waah ngeri niih kalo smua perangkat di cabutin..ntar service nya yg dipakai kantor pak Sukadi mati juga looh…hehhe kidiing…
      BTw, di PLN? mau pindah aliran niih dr listrik ke telco?

  16. Mbak Farah,
    Minta tolong di emailin dunk, filenya mengenai pengenalan SDH dan PDH, saya coba download enggak bisa, saya sedang belajar nih.
    terima kasih
    Edy P

  17. mba Farah,
    boleh minta dikirimin juga engga file tutorialnya? saya mau download, eh uda dibilang engga ada filenya. kalau boleh kirimin ke erytrush@yahoo.com donk. lagi belajar2 nih tuk optik2 beginian. terima kasih.

    Ernest P.H

  18. maaf mbak knp file-file tutorialnya enggak bisa di download?
    kalaw bisa mohon diemailkan ke rado.radit@yahoo.com
    soalnya saya sangat membutuhkan tutorialnya mbak.sebelum dan sesudahnya saya haturkan terimakasih

  19. 1. Fiber Optik

    2. All of SDH

    3. Introduction of SDH & PDH

    4. SDH

    5. SDH Tutorial
    Hallo assalamualium….
    mbak fara data2 diatas trsb tak bisa di download bisakah saya di bantun buat di kirimi data2 trsb karna saya lagi belajar ini
    di kirim ke email yaa mas.nafan@gmail.com

    salam

    Naf ‘an
    Jok@am

  20. mohon maaf mbak,saya baru di dunia telekomunikasi mohon untuk link yg diatas bisa di perbaharui ga,soalnya udah di delete di servernya.makasih mbak

  21. Mbak, boleh tau ngga perbandingan tarif di Icon+ antara E1, 4E1, dan DS3. Perbandingannya doang, misalnya E1=1000, 4E1=3000, dst. sebelumnya makasi ya…. plz direspon,

Leave a Reply

