2nd Day in Bangkok


22 Maret 2010, training pun dimulai. Hari ke-2 ini sebenarnya ga banyak yg bisa diceritakan. Aktifitas nya berkisar antara training dari jam 9 pagi ampe 3 sore. Trus balik ke hotel, beres2, truss cari oleh2 lagi deh. Biasa..hari ke-2 ini kami masih hunting di suanlum night bazar.

Untuk trainingnya sendiri, DWDM sebenarnya waktu kuliah dulu jg dah prnah dapet. Waktu OJT tahun 2006 juga prnah diterangin lagi, tapi biasa…baru ngeh lagi ya sekarang ini. Asli, trainernya wuenak tenan.

Yang perlu digaris bawahi dalam impelemtasi DWDM ini adalah infrastrukturnya harus stabil, dalam kasus kami FO nya harus dah oke. Ga boleh sering putus atau kena gangguan yang lain. Kenapa demikian?? yeps karena DWDM ini berbasis system analog. Jadi kalau ada perubahan parameter sedikit, misal sering putus kabel dll frekuensi nya harus di setting ulang. Dan kalau perbedaannya dah jauh banget dari spek / modul2 existing maka diperlukan perubahan modul yang support.

Selain hal diatas juga, seandainya ada perubahan konfigurasi atau apapun maka perlu dilakukan editing NCF di tools tersendiri kemudian baru di reload lagi ke sistem. Hal ini bisa menyebabkan downtime, tapi bentar banget max 5 menit. Makanya kalau ga pengen pelanggannya ngamuk, planing harus mateng banget.

Alhamdulillah untuk Icon+ sendiri saat ini lagi proses pembangunan backbone DWDM Sumatra dengan kapasitas 80 ch DWDM, dimana setiap ch bisa memuat 40 G atau setara dengan STM 256. Waaoooww…bisa dibayangkan Kapasitas Backbone kami sungguh teramat besar, 80x 40 Gig. Dan info yang aq denger nih dr trainer nya…belum ada customer lain yang punya kapasitas segede ini, bahkan di negara2 besar loh. So…monggo buat temen2 yang kerja di operator2 atau lainnya, silahkan langganan ajah transmisinya Icon+, dijamin woke deh [promosi mode on].

Menu makan siang saat training…hiks hiks….perlu penyesuaian euy lidahnya. Kami dipesenin makanan dari resto arab yang ada label halalnya.

-Suasana makan siang di salah satu ruang training center NSN-

 

 

Jam 3 sore kami pun segera pulang ke hotel, siap siap deh buat jalan2. Jadwalnya hari ini ke MBK. Karena dari info temen2 maupun di internet2, salah satu tempat favorit turis Indonesia buat cari oleh2. Suasana di MBK sendiri hampir sama kayak ITC2 gitu. Rute dari hotel Amari Atrium: jalan kaki 15 menit ke stasiun MRT Petchburi. Kemudian turun di stasiun ke 5 [kalau ga salah Silom]. Di Silom ini termasuk salah satu titik pertemuan MRT & BTS [Bangkok Train Sky]. Oya satu lagi, jangan sampai lupa ya..di setiap stasiun baik MRT ataupun BTS biasa nya punya 3 pintu keluar. Nah kita keluarnya disesuaikan ya ama tujuan kita, jangan sampai malah muter2 nanti karena arahnya beda. Setelah tiba di stasiun BTS Saladaeng, kita pun meluncur menuju stasiun Natioanl  Stadion. Disini kayak di senayan gitu deh, banyak bgt orang2 yg pada olah raga. Trus tinggal keluar deh ke MBK.

-Perjalanan ke MBK-

Setelah muter2 kesana kemari, karena kurang puas dengan harganya [relatif lebih tinggi di banding SuanLum] kami pun memutuskan balik lagi ke SuanLum, qeqeqeqe. Hasil buruanku di hari ke-2, kaos gambar Thailand. Harga pembukanya tinggi2 bahkan ada yang 250, alhamdulillah kami deal diharga 75 THB per kaosnya. Mayann…

 

Oya, malem ini kami kepisah jadi dua kelompok. Waktu itu temenku ketinggalan saat nawar2 tuk tuk [itu tuh yang kayak bajaj] yg dibuat dr kaleng softdrink yg ga kepakai. Bagus loh, kreatif banget, yang tadinya sampah malah bs jadi kerajinan yang unik. Mungkin karena telepati kami belum kuat, akhirnya ga ketemu deh. Lagi2 hari ini sampai hotel sekitar jam 11 malem. gud nait…

1st day in Bangkok

2 thoughts on “2nd Day in Bangkok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s