Pentingnya Amalan Andalan


Hari ini materi pengajian ibu2 adalah mengkaji hadist bukhori, tema nya tentang pentingnya amalan andalan. Kurang lebih riwayatnya seperti ini.

Ada 3 rojul [laki2] terperangkap dalam gua, dimana pintu gua tersebut tertutup oleh batu besar. Mereka sangat ingin keluar dari gua tersebut. Kemudian masing2 dari mereka berdoa.

Rojul pertama berdoa “ya Allah, setiap hari saya bekerja memerah susu untuk kemudian sorenya dapat diminum oleh kedua orang tua saya, keluarga [anak2nya] dan para budak. Tetapi saya sangat benci bila anak2 atau para budak sudah minum sedangkan orang tua saya belum. Pada suatu hari, kedua orang tua nya tersebut sedang tidur siang, sehingga dia tidak bisa memberikan minuman susu tersebut. Padahal anak nya sudah nangis kehausan. Tapi dia tetap menunggu sampai kedua orang tua nya minum susu, baru setelah itu anak & para budak. Dan saya melakukan itu semua untuk mendapatkan ridlo mu ya Allah. Maka saya mohon, bukakanlah pintu gua ini sehingga kami bisa keluar dari sini’”

Setelah Rojul pertama tadi selesai memanjatkan do’a seperti itu, kemudian batu yang menutupi mulut gua tadi sedikit terbuka. Sehingga ada celah untuk melihat dunia luar walaupun belum cukup.

Kemudian rojul kedua juga berdo’a “ya Allah saya sangat mencintai anak perempuan dari paman saya. Tapi ketika saya memintanya, perempuan itu bilang ‘saya bersedia asal kamu bisa mengumpulakan uang sebesar 120 dinar’. Setelah beberapa lama akhirnya emas tersebut berhasil terkumpul & perempuan tersebut pun menepati janjinya. Tapi saat akan terjadi perzinaan itu, perempuan tadi bilang ‘sesungguhnya saya tidak halal bagimu’. Maka saya pun malu, merasa berdosa padamu dan saya pun meninggalakan emas & perempuan yang saya cintai tadi. Oleh karena nya ya Allah saya mohon, bukakanlah pintu gua ini sehingga kami bisa keluar”.

Kemudian pintu gua pun sedikit terbuka lagi.

Rojul ke tiga juga berdo’a “ya Allah, saya selalu memberi upah pada para buruh-buruh saya. Tapi ada satu buruh yang tidak mau menerima upahnya, dan malah pergi. Kemudian upah tersebut saya putar sehingga berkembang jadi beberapa unta, sapi, kambing & budak. Pada suatu saat buruh tersebut kembali & meminta upahnya. Dan saya bilang bahwa upah kamu sudah menjadi unta, sapi, kambing & budak. Sang buruh pun tak percaya ‘wahai majikan, engkau jangan menghinaku [membohongiku]’. Sang majikan ‘aq sungguh-sungguh’. Maka sang buruh pun membawa pergi semuanya tadi. Dan saya melakukan itu iklas niat karna Mu ya Allah. Oleh karena nya bukakanlah pintu gua ini sehingga kami bisa keluar dar sini”.

Setelah ketiga nya berdoa maka pintu gua pun terbuka lebar, sehingga mereka bisa keluar dari sana.

Nah dari riwayat hadist ini, kita di nasehatkan supaya memiliki amalan andalan. DImana sewaktu waktu kita dalam keadaan terpepet amalan andalan ini bisa menolong kita. Boleh dengan baca qur’an, sholat sunah, zikir, puasa sunah, atau apapun yang sekira nya kita lebih ringan mengerjakannya. Dan kita mewajibkan amalan tersebut, merutinkan amalan tersebut, sehingga amalan itu bisa jadi tabungan & penolong kita dari siksa Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s